Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]


Seorang pemrogram atau bahkan pengguna komputer biasa pasti pernah menggunakan atau mendengar istilah URL dan URI. Khusus URL sering digunakan untuk menuliskan alamat web. Lalu apakah URL dan URI adalah hal yang sama?

URL (Uniform Resource Locator)
URL (Uniform Resource Locator) sering didefinisikan sebagai serangkaian karakter yang diarahkan ke alamat. URL adalah cara yang sangat umum digunakan untuk mencari sumber daya di web. URL menyediakan cara untuk mengambil presentasi dari lokasi fisik dengan menggambarkan lokasi jaringan atau mekanisme akses utama.

Protokol disebutkan dalam URL yang digunakan untuk mengambil sumber daya dan nama sumber daya. URL yang mengandung protokol http/https, jika sumber daya berupa sumber daya jenis web. Demikian pula, jika dimulai dengan protokol ftp jika sumber daya berupa file, dan protokol mailto jika sumber daya adalah alamat email. Sintaks URL ditunjukkan di bawah ini di mana bagian utama digunakan untuk protokol dan sisanya dari bagian itu digunakan untuk sumber daya yang terdiri dari nama situs web atau nama program.

https://www.jepriana.com/blog

Pada contoh URL di atas, nama domain menggambarkan server (layanan web) dan nama program (jalur ke direktori dan file di server).

URI (Uniform Resource Identifier)
URI (Uniform Resource Identifier) mirip dengan URL ​​juga merupakan serangkaian karakter yang mengidentifikasi sumber daya di web baik dengan menggunakan lokasi, nama, atau keduanya. URI memungkinkan identifikasi sumber yang seragam. URI juga dikelompokkan sebagai pelacak, nama atau keduanya yang menyarankannya dapat menggambarkan URL, URN (Uniform Resource Name), atau keduanya. Istilah "identifier" dalam URI mengacu pada keunggulan sumber daya, selain teknik yang juga digunakan.

Kategori sebelumnya dalam URI adalah URL, di mana protokol digunakan untuk menentukan metode mengakses sumber daya dan nama sumber daya tambahan diletakkan dalam URL. URL dapat berupa jenis URI yang tidak persisten. URN diperlukan untuk eksis secara global dan memiliki lingkup global.

Ilustrasi URI vvs URL

Perbedaan antara URL dengan URI
URLURI 
URL digunakan untuk menggambarkan identitas suatu item.URI menyediakan teknik untuk mendefinisikan identitas suatu item.
URL menghubungkan halaman web, komponen halaman web atau program pada halaman web dengan bantuan metode akses seperti protokol.URI digunakan untuk membedakan satu sumber daya dari yang lain terlepas dari metode yang digunakan.
URL memberikan perincian tentang jenis protokol apa yang akan digunakan.URI tidak mengandung spesifikasi protokol.
URL adalah jenis URI.URI adalah superset dari URL.


No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib