Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Kalian sering mengunduh file via torrent? Berikut adalah tutorial bagaimana bisa mendownload file torrent secara langsung (direct) tanpa menggunakan torrent client seperti BitTorrent, uTorrent, Transmision, dll. 

Torrent

Torrent adalah sebuah metode dan juga merupakan protokol peer-to-peer yang memungkinkan seorang pengguna untuk terhubung secara langsung dengan pengguna lain untuk mengirim atau menerima file atau data, melalui sebuah server sentral yang dinamakan “tracker”. Tracker tidak memiliki atau mengandung informasi tentang sebuah file. Tracker hanya mengatur dan mengkoordinasikan sebuah koneksi diantara setiap peer.
File torrent merupakan file komputer yang berisi metadata yang menyimpan berbagai informasi. File torrent biasanya memiliki ekstensi .torrent tetapi tidak berisi konten aktual untuk didistribusikan. Informasi ini kemudian akan digunakan oleh perangkat lunak torrent client seperti BitTorrent, uTorrent, atau Transmission untuk distribusi "nyata" yang pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengunduh file torrent ke komputer pribadi mereka.

Bagaimana torrent bekerja?

Secara singkat, file torrent bertindak sebagai kunci untuk memulai pengunduhan konten yang sebenarnya. Ketika seseorang tertarik untuk menerima file bersama (mis. Buku, musik, dokumen, dll.), mereka harus terlebih dahulu mendapatkan file torrent yang sesuai dengan cara mengunduh file .torrent secara langsung atau dengan menggunakan tautan magnet.
Perangkat lunak torrent client seperti BitTorrent kemudian diperlukan untuk membuka file/tautan magnet tersebut. Setelah perangkat lunak BitTorrent memindai file/tautan magnet torrent, maka perlu dilakukan proses menemukan lokasi seeder yang membagikan file yang akan diunduh. Untuk melakukannya, torrent client akan berusaha untuk terhubung ke daftar pelacak yang ditentukan (dari metadata file torrent) dan mencoba koneksi langsung. Jika berhasil, konten yang sesuai kemudian akan mulai ditransfer. 

Permasalahan pada torrent

Permasalahan yang sering terjadi saat kita mengunduh dari torrent seperti jumlah seeder (pengguna yang memiliki file yang akan diunduh) lebih sedikit dari jumlah leecher (pengunduh). Ketika kita sudah mendapatkan jumlah seeder yang banyak namun kadang lokasi seeder jauh dari lokasi kita, sehingga proses transfer data menjadi tidak stabil dan lebih lama. Selain itu, kadang operator atau admin jaringan internet kita membatasi transfer data dengan torrent. Solusi untuk permasalahan-permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Seedr.

Seedr

Seedr adalah sebuah layanan untuk menjembatani proses unduh file .torrent sehingga menjadi lebih cepat karena kita dapat mengunduh secara langsung ke server Seedr tanpa mengunduh dari seeder dengan bantuan torrent client. Sederhananya, Seedr akan membantu kita untuk mengunduh file torrent ke server milik mereka dengan kecepatan tinggi. Hasil unduhan pengguna lain untuk file torrent yang sama di server milik Seedr juga dapat dibagi dengan kita, sehingga proses mengunduh dari seedr ke server Seedr bisa dilewati dan mempercepat proses pengunduhan. Setelah file torrent terdownload ke server
Seedr, kita dapat langsung mengunduh dengan kecepatan tinggi terutapa dengan bantuan aplikasi download accelelator seperti Internet Download Manager. 

Selain melupakan layanan pengunduhan file, Seedr sebenarnya juga merupakan sebuah cloud storage atau media penyimpanan awan. Kapasitas cloud storage anda menentukan besaran file yang dapat anda unduh/simpan di Seedr. Pengguna gratisan akan memperolah kapasitas dasar 2GB. Namun jika kalian mendaftar dengan menggunakan link saya di https://www.seedr.cc/?r=1665809 kalian dan saya masing-masing akan mendapatkan tambahan kapasitas sebesar 500MB. Lumayan bukan? hehe. Jadi selain saya, kalian juga mendapat tambahan kapasitas 500MB, sama-sama untung. 


Bagaimana caranya? 

Untuk dapat mengunduh file torrent menggunakan Seedr kita dapat menggunakan dua cara, melalui file torrent dengan ekstensi .torrent atau dengan menggunakan magnet link. Pertama-tama kita harus mendaftar terlebih dahulu di website resmi Seedr di https://www.seedr.cc.
Untuk mendaftar menjadi anggota Seedr kita cukup memasukan alamat e-mail dan password. Setelah melakukan registrasi pastikan kalian melakukan proses verifikasi melalui alamat e-mail yang didaftarkan. Setelah proses verifikasi kalian akan diarahkan ke halaman utama dari Seedr. Di bagian pojok kanan atas kalian dapat langsung menambahkan file yang ingin diunduh. Bisa langsung menempelkan URL magnet link dari file torrent yang ingin diunduh, atau juga dengan mengunggah file .torrent yang akan di download.
Setelah file torrent ditambahkan silakan tunggu beberapa saat untuk proses pengunduhan file torrent.
Jika file torrent yang ingin anda unduh sudah pernah diunduh ole orang lain, biasanya proses akan menjadi lebih cepat yang ditandai dengan label "Copying to Folder".
Jika proses pengunduhan telah selesai, maka tiga tombol akan muncul. Tombol pertama untuk mengunduh, kemudian tombol kedua untuk menyalin, dan tombol terakhir untuk menghapus file yang telah diunduh ke dalam cloud storage Seedr anda. Silakan tekan tombol unduh untuk mengunduh file anda secara langsung (direct).
Selain tambahan kapasitas dari link pendaftaran kalian juga masih dapat menambah kapasitas cloud storage kalian secara gratis dengan membantu Seedr untuk mendapat lebih banyak pengguna. Caranya kalian dapat membagikan informasi tentand Seedr ke media sosial kalian seperti Twitter, Pinterest atau Personal Blog seperti yang saya lakukan sekarang ini. Kapasitas penyimpanan gratis tambahan yang dapat kalian peroleh dari masing-masing sosial media tersebut adalah 500MB. Lumayan kan untuk mengunduh film besar masih muat lah. Cara untuk mendapat tambahan
 
Silakan kunjungi halaman https://www.seedr.cc/dynamic/get_space untuk memperoleh lebih banyak ruang di kapasitas penyimpanan Seedr kalian.
Tambahan kapasitas gratis tidak hanya dapat kalian peroleh dari sharing ke sosial media. Setiap pengguna akan memperoleh alamat khusus dalam bentuk link untuk mengajak orang lain bergabung dengan Seedr. Setiap pengguna yang bergabung dari link kita akan memperoleh tambahan kapasitas sebesar 500MB. Dan keuntungan untuk kita yang merekomendasikan juga memperoleh 500MB. Kita dapat memperoleh tambahan dari maksimal 4 orang yang mendaftar dari link kita. Jika teman-teman mau mendapatkan tambahan 500MB dari pendaftara silakan mendaftar dari link saya di: https://www.seedr.cc/?r=1665809.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib