Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Per tanggal 12 November 2020 Apple telah merilis upgrade sistem operasi untuk perangkat Mac yaitu macOS dari versi 10 ke versi 11. Versi 11.0.1 yang merupakan versi pertama dari macOS 11 diberikan kode nama Big Sur. Pada kesempatan ini, saya akan membagikan langkah-langkah untuk upgrade sistem operasi Mac dari macOS Catalina ke macOS Big Sur.

Jika kita periksa pembaharuan melalui Software Update pada System Preferences mungkin belum langsung terlihat ada pembaharuan ke macOS Big Sur. Agar sistem mengetahui ada pembaharuan major sistem operasi, kita perlu mengambil dari App Store. Silakan buka App Store cari kemudian cari dengan kata kunci "big sur", kemudian pilih lah luaran dengan nama macOS Big Sur.

Ilustrasi dari macOS Big Store di App Store

Pilih Get untuk mengclaim pembaharuan macOS Big Sur, seperti kita ingin mengunduh sebuah aplikasi. Kemudian kita akan diarahkan ke Software Update pada System Preferences yang menunjukan pembaharuan ke macOS Big Sur tersedia. Ukurannya mungkin akan bervariasi, tergantung dari pada perangkat Mac yang kita gunakan. Silakan pilih Update Now untuk mengunduh pembaharuan macOS. Silakan pastikan anda terhubung ke koneksi internet yang cepat dan stabil.

Ilustrasi proses unduh pembaharuan macOS Big Sur

Jika proses unduh telah selesai, sebuah dialog nama Install macOS Big Sur akan muncul. Silakan tekan tombol Continue yang dilambangkan dengan → untuk melanjutkan proses instalasi.

Dialog untuk proses instalasi macOS Big Sur

Dialog selanjutnya kita dihadapkan pada sebuah halaman terms of the software license agreement. Halaman ini pada dasarnya adalah halaman yang seringkali kita tidak baca 😂. Namun pada intinya ini adalah halaman persyaratan perjanjian lisensi perangkat lunak sistem operasi macOS Big Sur. Kita dihadapkan pada dua pilihan yaitu menyatakan setuju dengan persyaratan yang diberikan oleh Apple atau menyatakan tidak setuju. Jika ingin melanjutkan tentu kita harus menyetujui persyaratan yang diberikan dengan menekan tombol Agree.

Halaman terms of the software license agreement macOS Big Sur

Kemudian pop up dialog untuk menyatakan bahwa kita telah membaca dan menyatakan setuju terhadap persyaratan yang diberikan. Tekan tombol Agree untuk melanjutkan.

Pop up dialog terms of the software license agreement macOS Big Sur

Halaman berikutnya setelah kita menyatakan setuju, dilanjutkan dengan pemilihan lokasi dimana macOS Big Sur akan dipasang. Jika perangkat mac hanya terhubung dengan satu media penyimpanan maka tentunya tidak akan ada pilihan lain selain Macintosh HD. Untuk melanjutkan proses instalasi silakan tekan tombol Install.

Ilustraasi proses setelah memilih lokasi instalasi

Setelah proses instalasi selesai dilakukan, sistem akan melakukan proses restart untuk melanjutkan proses instalasi dan konfigurasi sistem operasi macOS Big Sur. Restart akan dilakukan secara otomatis dalam hitung mundur waktu yang telah ditentukan, atau bisa dipercepat dengan menekan tombol Restart.

Persiapan restart untuk melanjutkan instalasi dan konfigurasi macOS Big Sur

Proses lanjutan instalasi dan konfigurasi pembaharuan sistem operasi macOS Big Sur akan memerlukan waktu cukup lama. Bergantung juga pada perangkat mac yang digunakan. Saat proses instalasi dan konfigurasi telah selesai, kita akan dijumpai dengan halaman log in baru dari macOS Big Sur.

Halaman log in macOS Big Sur

Kemudian setelah memasukan password mac, kita akan dihadapkan dengan halaman utama dari macOS Big Sur. Terlihat banyak sekali perubahan pada macOS Big Sur dari versi sebelumnya, khususnya dari sisi tampilan. Terdapat banyak perubahan dari icon baik aplikasi atau pada tool bar. Dock pada macOS Big Sur juga mengalami perubahan, dimana sekarang dock macOS lebih menyerupai dock pada iPad OS dimana tampil secara mengambang. macOS Big Sur juga makin menyerupai iOS atau iPad OS dengan tersedianya fitur widget yang sebelumnya sudah tersedia pada iOS dan iPad OS.

Halaman utama macOS Big Sur

Jika kita periksa pada halaman Software Update pada System Preferences menunjukan bahwa sementara kita sudah berada pada versi terbaru dari macOS.

Halaman Software Update pada System Preferences setelah pembaharuan

Begitu juga saat kita lihat pada halaman About This Mac terlihat jika perangkat mac sudah berhasil diperbaharui ke macOS Big Sur.

About This Mac pada macOS Big Sur
About This Mac pada macOS Big Sur

Demikian langkah-langkah untuk Upgrade macOS Catalina ke macOS Big Sur. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika ada yang ingin didiskusikan silakan bisa tuliskan di kolom komentar. Terimakasih.

 

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib